PEMAHAMAN YANG SALAH MEMBUAT ANAK MENJADI PRONTAL

Banyak sekali pertanyaan gimana sih biar anak saya ini rajin? Gimana sih biar dia tuh gampang diatur? Gimana sih biar dia itu kecanduan ibadah? Kerap para orangtua menginginkan anaknya sesuai apa yang dia inginkan, Jawabannya wajar bukankah kita para orang tua selalu berharap memberikan yang terbaik untuk anak kita?
Pahami dulu mereka..
Terkadang mendidik seorang anak itu memang butuh kesabaran, butuh perhatian extra, butuh kasih dan sayang yang luar biasa agar bisa menjadikan si anak patuh dan hormat pada kita sebagai orang tua
Namun ada banyak hal yang kadang apa yang kita mau belum tentu sesuai dengan yang mereka inginkan, jadi untuk para orang tua apalagi yang baru menikah sebaiknya kita harus tahu dulu alasan kenapa sih mereka ko bisa sampai sulit banget buat kita ajak belajar atau mungkin bahkan ada anak yang sampai sulit dekat dengan orang tuanya.
Ada beberapa tips nih agar seorang anak dapat menikmati kedekatan dengan orangtuanya dan menjadikan media belajar lebih asik.
1. Apa sih alasan dia selalu menghindari percakapan dengan kita? kemungkinan si anak kesulitan buat interaksi dengan kita, caranya kita bisa melakukan pendekatan secara lembut, bertanya keluhan apa yang dia rasakan, atau sekedar mungkin bertanya tentang kesehariannya, entah itu disekolah atau di lingkungannya bermain dan menjadi pendengar yang baik untuk si anak. buatlah si anak lebih banyak untuk bercerita, lakukan secara perlahan dan sabar.
mungkin untuk sebagian anak agak sedikit sulit mengungkapkan sesuatu hal. penyebabnya mungkin dari pertanyaan kita sendiri yang membingungkan si anak atau berkaitan dengan privasinya. sebagai orang tua kita juga wajib menghargai privasi mereka jangan sampai pertanyaan-pertanyaan yang kita tanyakan kepada anak kita membuat kesan kepada anak menjadi sebuah rujukan memojokan dia atau menekan dia, hindari hal yang bersifat berkaitan dengan privasinya dan tidak terburu-buru.
2. Berikan mereka penghargaan atau reward di setiap pencapaian mereka dan berikan juga motivasi ketika mereka gagal dengan itu mereka tidak akan terlalu merasa kalah dan menyerah ketika mendapatkan sesuatu kegagalan.
Sebagai orang tua kita juga harus menghargai mereka sebagai sorang anak, maka otomatis mereka juga akan melakukan hal yang sama. sejatinya anak adalah seorang peniru yang ulung mereka akan melakukan sesuatu hal yang kita juga melakukannya. maka demikian beri mereka penjelasan jika mereka bertanya tentang apa yang kita lakukan dan batasan pada sebuah aktivitas yang belum bisa mereka lakukan
3. Memberikan energi positif & berikanlah mereka semangat dan hadiah atau reward tergantung apa yang mereka capai. berikanlah pujian atau bisa juga memberi hadiah, dan hadiah tersebut dilakukan secara bertahap dari mulai hal kecil dan juga hal yang berpengaruh besar bagi semangat untuk dia.

Hal penting dan wajib dimiliki kita sebagai orang tua

  1. Jadilah sahabat bagi mereka.
  2. Interaksi dan berikan juga edukasi.
  3. Bermain adalah hal yang wajar asal kita beri batasan.
  4. Bila anak sering lupa akan belajar, buat kesepakatan kapan mereka akan mengerjakannya.
  5. Ingat! bagaimanapun perilaku seorang anak, baik atau buruknya tergantung sikap kita kepada mereka. anak adalah hasil dari copy paste dari ceriman diri kita sebagai orang tuanya(peniru).

2 Contoh basic sederhana dalam mendidik seorang anak.

Contoh : ketika seorang anak melakukan aktivitas seperti membersihkan lantai maka sikap kita sebagai orang tua memuji mereka dengan pujian sederhana berilah hal yang selalu memotivasi dia.
Hati-hati juga ya bila memuji kita harus melihat kondisi anak dan bagaimana cara penerimaan mereka, karena ada juga sebagian anak yang tidak terlalu suka dipuji secara berlebihan. lihat lah respon mereka setelah mendapatkan pujian dari kita.
Contoh : ketika mereka menggapai 1 step lebih baik di setiap usaha mereka, berilah pujian dan semangat, misal ketika mereka mencoba menghafal 1 ayat dan esok harinya mereka bisa menghafal 2 ayat maka berilah reward yag setimpal untuk mereka jadikan reward itu sebagai bagian dari semangatnya.
Dan ketika mereka mulai menikmatinya cobalah untuk memberi misi untuk si anak dan jangan sampai cara menyampaikan misi tersebut menjadikan anak merasa terbebani, beri mereka misi secara berbicara lembut dan juga berilah kesepakatan reward atas apa yang mereka capai.
awas hati-hati ketika mereka sudah menyelesaikan misi dan rewardnya tidak sesuai dengan apa yang mereka mau, kemungkinan besar anak akan menjadi malas untuk belajar lagi dan enggan menjadikan dia mental block ketika kita memberi misi yang lain.
Alhamdulillah akhirnya saya menemukan referensi yang cocok banget dengan Al-Quran persembahan dari AT-TAQWA, kenapa harus Al-Quran? Dasar syariat islam ada 2 yaitu al-quran dan hadist, itulah dasar hukum islam. maka dari itu kita harus mengenalkan agama sejak dini agar bisa tertanam sampai dewasa.
Sudah jelas dong sebelum kita menginginkan anak menjadi apa yang kita mau, maka kita juga harus memahami apa yang mereka mau. Beri mereka media belajar yang unik dan menarik tentunya. Dengan itu anak akan menjadikan metode pembelajaran menjadi lebih asik. menerapkan metode belajar sambil bermain, pastinya akan memudahkan mereka dalam proses belajar.
Social Media
Alamat
+6281111117546
Partner Kerja Sama
@2021 Toko attaqwa Inc.